October 23, 2008

Komarimashita

Orang Jepang dan orang Indonesia punya cara pengucapan huruf U yang beda. Kalau orang Indonesia mengartikulasikan U dengan bulat dan jelas, orang Jepang sebaliknya mengartikulasikannya tanggung, kadang samar-samar atau diucapkan antara huruf u dan e.

misalnya,
"onegaishimasu" dibacanya jadi "one(n)gaishimas" aja.
atau kalau mau diucapkan pake huruf U pun, jadinya seperti "one(n)gaishimaseu"

Sebelum kuliah bahasa Jepang, gw yang dulunya belajar otodidak ngomong
watashi wa mira deSU. nihon ga suki deSU. douzo yoroshiku onegaishimaSU,
smuanya diucapkan dengan aksen Indonesia. haha. dan gw bingung mengintonasikannya. Gw intonasikan seperti perkenalan dalam bahasa Indonesia. Jadi iramanya seperti "nama saya mira, suka bahasa jepang, salam kenal ya.."

Balik ke soal U tadi.. karena ingin coba-coba mengikuti gaya U-nya orang Jepang, sekarang lidah gw jadi kaku. Waktu ngomong "itu" jadi terucapnya "iteu", "supermie" jadi "spermie". Smuanya terjadi begitu aja... dan gw kesusahan melafalkannya dengan bulat.

T__T

Guess who is the best U speaker...


A

B

C

My choice goes to A, his expression definetely is win!